Minggu, 18 April 2010

Trik Belajar Di Perguruan Tinggi

.
Hal penting berikut ini bisa mendukung kegiatan belajar:

MOTIVASI DIRI
Tanpa yang satu ini, kamu akan merasa malas belajar karena tidak punya tujuan yang jelas. Padahal, rasa malas itu akan menghancurkan masa depanmu sendiri. Dengan kebiasaan yang kamu miliki sebagai mahasiswa, godaan untuk santai memang besar. Jadi pikirkan cita-cita atau pekerjaan impian yang ingin kamu raih. Dengan begitu, kamu jadi termotivasi untuk belajar.

PERPUSTAKAAN DAN INTERNET
Kedua hal diatas adalah sumber informasi yang paling lengkap. Materi pelajaran apapun bisa dengan mudah kamu dapatkan disana, asalkan kamu mau meluangkan waktu untuk browsing.

KEHADIRAN DI KELAS
Usahakan selalu hadir dalam setiap tatap muka tepat waktu, dan ikuti kuliah hingga selesai. Sebaiknya jangan ikut-ikutan budaya ‘titip absen’ yang sepertinya sudah menyatudalam kehidupan mahasiswa, karena akan membuat kamu semakin malas. Jumlah kehadiran(absensi) biasanya masuk dalam penilaian dosen sehingga faktor penentu kelulusan. Selain itu, dengan rajin kuliah, kamu tidak akan ketinggalan informasi penting, seperti kapan waktunya ujian.

JANGAN MALU BERTANYA
Manfaatkan waktu pertemuan dengan dosen untuk bertanya jika ada hal-hal yang kurang jelas atau tidak kamu mengerti. Kalau perlu, bikin janji dengan dosen untuk mendiskusikan pertanyaanmu.

BERGAUL
Bergaul disini maksudnya kenal dengan semua teman sekelas, teman satu angkatan, sampai para senior. Siapa tahu kamu perlu bertanya atau pinjam catatan saat kamu berhalangan hadir dikelas. Jadi, hafalkan nama-nama temanmu dan catat nomor telepon mereka.

BUAT KELOMPOK BELAJAR
Dengan belajar bersama dalam satu kelompok, masalah yang sulit sekalipun dapat dengan mudah dipecahkan. Kamu pun punya teman untuk berdiskusi. Banyak diskusi membuat kamu berpikir kritis dan merangsang aktivitasmu dikelas.

KERJAKAN TUGAS
Selain dari kehadiran di kelas dan ujian, nilai yang kamu dapat dari dosen juga tergantung kerajinanmu mengerjakan tugas. Biasanya dosen hanya akan memberikan batas waktu penyerahan tugas dan tidak akan menagih tugasmu. Jadi kalau ingin dapat nilai bagus kamu harus punya kesadaran sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like this...Kasih jempol yee.!!!