Selasa, 04 Mei 2010

Tips Belajar Efektif

.
Seringkali kita belajar dengan terpaksa (apalagi saat sekolah), bukan karena kita tertarik untuk mempelajarinya. Jika kita mengetahui betul apa sesungguhnya yang menarik bagi kita, tentu akan lebih mudah mencari ragam informasi penting yang akan kita pelajari. Tak ada seorang pun yang mampu memberikan informasi tentang apa yang menarik untuk kita pelajari kecuali kita sendiri.

1. Mengenali diri sendiri
Jika kita tahu betul siapa kita dan apa yang kita inginkan, maka mempelajari sesuatu yang sesuai dengan keinginan dan kepribadian kita menjadi lebih mudah dilakukan. Sebab, apapun yang akan kita pelajari dan pahami, seringkali menjadi sia-sia jika ternyata tak sesuai dengan kepribadian kita.

2. Merekam kata dengan tulisan
Langkah yang paling mudah untuk memahami, mengingat, dan mempelajari sesuatu adalah dengan kata. Jadi, langkah yang paling mudah dan bijaksana adalah bila kita terbiasa merekam semua informasi itu dengan cara menuliskannya kembali dalam bentuk apa saja. Gambar, coretan dan yang terbaik adalah catatan tertulis buatan tangan sendiri. Jadi biasakanlah untuk mencatat hal-hal yang penting, dan bukan memfotokopi dari teman.

3. Belajar bersama
Cara termudah untuk belajar sesungguhnya adalah bila kita melakukan secara bersama-sama. Prinsip belajar ini hampir selalu efektif bagi setiap orang, apapun karakter belajar yang dimilikinya. Selain itu, belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan dan ringan, bila dilakukan secara bersama-sama.

4. Hargai diri sendiri
Belajar memahami dan menyerap informasi akan menjadi terasa lebih bermanfaat dan berarti bila kita menghargainya. Jadi, rencanakan apa yang kamu pelajari dan pahami. Setelah itu, cobalah membuat jeda diantara waktu belajar yang kamu lakukan. Setelah itu, lihat seberapa besar tinggkat keberhasilan kamu dalam mempelajari suatu informasi atau fakta tertentu. Bila kamu merasa itu berhasil, maka kamu layak menghargai jerih payah. Misalnya merayakan dengan makan enak atau membeli sesuatu yang bisa mengingatkan kamu akan keberhasilan yang kamu pernah capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like this...Kasih jempol yee.!!!