Minggu, 07 Maret 2010

5 cm


Judul : 5 CM
Pengarang : Donny Dhirgantoro
Penerbit : Grasindo
Tebal : 381 halaman



Bestseller book di Gramedia Bookstore selama 2 tahun berturut-turut! Bercerita tentang lima sahabat yang telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Menyorot dari sudut pandang lima sahabat ini: Ian, si gendut yang pontang-panting menyelesaikan skripsinya. Arial, cowok atletis yang mencari cinta dari gadis pujaannya. Zafran, penyair tulen yang ngebet sama adik perempuan Arial. Riani, si cantik yang juga aktivis kampus. serta Genta, the leader of the gank yang berprofesi sebagai EO yang ulet.

Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai menonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang tidak kelas, kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget. Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya.

Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Menghidupkan kerinduan, untuk kemudian bertemu di stasiun kereta api pada tanggal 14 Agustus. Kelima sahabat ini sepakat menuju Mahameru serta mengikuti upacara kemerdekaan di sana pada tanggal 17 Agustus.

Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.

Novel karangan Donny Dhirgantoro ini memberikan kepada para pembaca suatu ajakan untuk lebih mencintai tanah air yang kaya ini. Jika tidak ada pendakian ke Puncak Mahameru, yang merupakan titik tertinggi di pulau Jawa, mungkin 5 cm tidak akan pernah lahir.

Pesan yang disampaikan dalam buku ini terkesan tidak berlebihan. Dan layak untuk dicermati. "Apabila kamu mempunyai mimpi, jangan letakkan dipikiran kita, tapi gantung mimpi itu sejauh 5 cm dari dahi kita, agar kita dapat melihatnya setiap saat, dan akan terus berusaha mengejarnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like this...Kasih jempol yee.!!!